Hewan yang hidup dalam kondisi alami jarang mendekati usia maksimum yang mungkin karena tingkat kematian yang sangat tinggi karena kematian bayi, penyakit, pemangsa, cuaca buruk, perusakan habitat, atau persaingan untuk mendapatkan makanan dan tempat tinggal.

Di sini kami daftar sepuluh hewan yang akan memiliki rentang hidup terpanjang yang hidup di bawah kondisi ideal.

    10. Landak Laut Merah

    Bulu babi merah diyakini hampir abadi. Mereka ditemukan di perairan dangkal Samudra Pasifik di sepanjang Pantai Barat Amerika Utara. Makhluk kecil berduri ini diketahui hidup selama lebih dari 200 tahun.
    Merah
    9. Ikan Koi

    Koi biasanya hidup selama 25-30 tahun tetapi ada laporan koi yang telah mencapai usia lebih dari 200 tahun! Salah satu koi terkenal di Jepang, bernama “Hanako”, meninggal pada tahun 1977 dan sebuah studi tentang cincin pertumbuhan dari salah satu sisiknya melaporkan bahwa ia berusia 226 tahun! Ini membuatnya lebih tua dari Amerika Serikat!
    Koi
    8. Longfin Eel

    Berasal dari Selandia Baru dan Australia, belut ini sering hidup sampai 60 tahun dengan belut Longfin tertua yang tercatat berumur 106 tahun! Seperti hiu Greenland, ikan ini tumbuh sangat lambat dan itulah sebabnya mereka bisa menjadi begitu tua.
    Longfin
    7. Macaw

    Macaw dapat hidup hingga 60-80 tahun, sementara usia perkembangbiakannya berkisar antara 30 hingga 35 tahun. Sayangnya mayoritas macaw sekarang terancam punah di alam dan beberapa sudah punah karena degradasi habitat dan perdagangan hewan peliharaan ilegal.
    Macaw
    6. Gajah Afrika

    Hewan darat terbesar yang bertahan hidup memiliki umur rata-rata 70 tahun dan sebuah penelitian di Zimbabwe baru-baru ini menemukan bahwa gajah betina Afrika berpotensi dapat tetap subur sampai mati!
    5. Kura-kura Raksasa Galapagos

    Spesies kura-kura hidup terbesar yang dapat bertahan hidup lebih dari seratus, dengan yang tertua tercatat pada tahun 152. Kura-kura Galapagos yang paling terkenal adalah ‘Lonesome George’, sub spesies yang hidup di Kepulauan, ia berusia 100 tahun dan masih digolongkan sebagai seorang dewasa muda! Dia telah menjadi semacam duta besar untuk pulau-pulau di lepas pantai Ekuador yang flora dan fauna uniknya membantu menginspirasi teori-teori Charles Darwin tentang evolusi.
    4. Paus Bowhead

    Paus Bowhead memiliki umur rata-rata 200 tahun – satu paus bahkan ditemukan dengan serpihan tombak yang berasal dari tahun 1800-an dalam lemaknya! Mereka menghabiskan hidup mereka di Arktik dan sub-Arktik dan merupakan mamalia laut terbesar kelima!
    3. Hiu Greenland

    Hiu ini dapat mencapai usia 200 tahun meskipun satu individu ditemukan berusia 400 tahun – menjadikannya vertebrata tertua di dunia. Mereka hidup sangat lama karena mereka tumbuh sangat lambat. Mereka tumbuh sekitar 1cm per tahun dan mencapai kematangan pada sekitar 100 tahun, sekarang masa kanak-kanak yang panjang!
    Tanah penggembalaan

  
    2. Ocean Quahog

    Beberapa spesimen yang terkumpul telah berumur lebih dari 400 tahun. Hewan-hewan ini menunjukkan umur panjang yang luar biasa dengan usia dilaporkan tertinggi, untuk ‘Ming’ kerang, 507 tahun. Kerang yang dinamai seperti itu akan hidup selama Dinasti Cina Ming
    Lautan
    1. Ubur-ubur Abadi

    Ubur-ubur yang sangat unik yang dapat kembali ke keadaan prematur saat terkena stres atau cedera. Meskipun ini berarti secara biologis abadi, dalam praktiknya mereka tidak hidup selamanya dan terluka serta dimakan seperti binatang lain.

sumber : onekindplanet.org